Posted by : Unknown Jumat, 27 Desember 2013



Converter tegangan DC menjadi tegangan AC dapat dibuat dengan rangkaian sederhana yang terdiri dari pembangkit pulsa dan sistem switching transformer step-up tegangan. Rangkaian converter DC ke AC ini dapat mengubah tegangan DC +12 volt menjadi tegangan AC 220 volt. Converter tegangan pada bagian ini menggunakan pembangkit pulsa IC CD4047 yang diset sebagai astabil multivibrator dengan frekuensi kerja 50 – 60 Hz. IC CD4047 merupakan IC CMOS yang didesain khusus untuk keperluan pembangkit pulsa yang dapat diset sebagai monostabil multivibrator dan astabil multivibrator. Rangkaian converter DC ke AC menggunakan IC CD4047 sangat sederhana dan gambar rangkaian serta komponen untuk membuat converter DC ke AC secara lengkap dapat dilihat pada gambar rangkaian berikut:


Dioda berfungsi yang unik yaitu hanya dapat mengalirkan arus satu arah saja. Struktur dioda tidak lain adalah sambungan semikonduktor P dan N. untuk memperbolehkan arus listrik mengalir dalam suatu arah (disebut kondisi bias maju) dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya (disebut kondisi bias mundur).

Kapasitor adalah suatu komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik dalam bentuk muatan. sebuah kapasitor pada dasarnya terbuat dari dua buah lempengan logam yang saling sejajar satu sama lain dan diantara kedua logam tersebut terdapat bahan isolator yang sering disebut dielektrik.

Resistor adalah salah satu komponen elekronika yang berfungsi sebagai penahan arus yang mengalir dalam suatu rangkaian dan berupa terminal dua komponen elektronik yang menghasilkan tegangan pada terminal

Trafo berfungsi untuk memindahkan tenaga dari input ke output. Bagian step-up, bagian ini berfungsi untuk menaikan tegangan dari 12 volt DC menjadi 220 volt AC. komponen yang digunakan untuk melakukan tugas step-up ini adalah sebuah transformer dengan sisi sekunder CT 12 volt dan primer 220 volt.

Mosfet , pada rangkaian ini berfungsi  Sebagai Saklar , Contoh : Pada Rangkain Inverter DC-AC

IC CD40047 berfungsi Bagian pembangkit pulsa, bagian ini berfungsi untuk mebangkitkan pulsa dengan frekuensi 50 – 60 hz untuk menggerakan sistem switching transformator. Rangkaian pembangkit pulsa dibuat dengan IC CD4047 yang diset sebagai multivibrator astabil dengan output Q dan Q yang masing-masing berfungsi memberikan pulsa input untuk menggerakan sistem switching transformer.

LED digunnakan sebagai indikator inputan 12 V

PRINSIP KERJA
Inti prinsip kerja dari rangkaian ini yaitu mengubah tegangan DC 12v menjadi tegangan AC 230v. tetapi setelah kita menguji rangkaian, hasil outputan tegangan yang kami dapatkan yaitu sebesar 400v, 300v, 250, dan 150v. sehingga kami mengambil kesimpulan untuk membuat alat ini menghasilkan outputan 250v, karena mendekati 230v. Saat rangkaian diberi inputan 12v, tegangan tersebut akan dikuatkan sehingga nantinya outputan akan bernilai 250v. Dalam pembuatan alat inverter ini, yang terpenting yaitu pemilihan capasitor yang digunakan. karena tidak semua capasitor akan menghasilkan outputan sebesar 250v. selain kapasitor, kita juga menggunakan trafo. Dan kami menggunakan trafo sebesar 1A. misalnya kita gunakan trafo 1A, dan capasitor 5,6nF, outputan dari alat saat diberi komponen tersebut yaitu 412v, setelah mengetahui hasil tersebut, kami tidak menggunakan jenis capasitor tersebut. Lalu kami mengganti kapasitor itu dengan kapasitor yang berpolaritas lebih besar. Kami menggantinya dengan kapasitor berpolaritas 10nF maka tegangan yang akan di hasilkan 250V, saat menggunkan 13,3nf tegangan yang dihasilkan adalah 200V.  Jadi semakin besar nilai kapasitor yang kami gunakan kami akan akan mendapatkan nilai tegangan yang semakin rendah.

BENTUK FISIK RANGKAIAN


 saat rangkaian off


saat rangkaian on


{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. Boleh di tuliskan nama dan code komoonen yg dipakai tidak gan

    BalasHapus
  2. bisa gak buat inverter, inputnya 48 volt dc menjadi 220ac. terima kasih.

    BalasHapus
  3. Apbila daya imputnya di tambah 5 atau sepuluh amper berapa hasil dari daya out putnya daya watt nya.

    BalasHapus

- Copyright © Zona Mahasiswa Elektro - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -